Pasukan Developer Android Indonesia : Ayo Merah Putihkan Android Market

Posted: Mei 31, 2011 in Uncategorized
Tag:, , , , , ,

Hai guys, jumpa lagi dengan saya…

Kali ini saya ingin membahas tentang Android. Kenapa Android?

Karena Android adalah sistem operasi yang sekarang sedang trend di kalangan pengguna smartphone. Selain skripsi saya juga tentang Android, hehehe.

Versi terbaru Android untuk platfrom smartphone adalah Android 2.3 GingerBread. Android bersifat Open Source, oleh karena itu banyak developer tertarik mengembangkan aplikasi yang berbasis sistem operasi ini.Dukungan berbagai vendor dari hari ke hari semakin banyak…

Selama ini bangsa kita selalu diremehkan sebagai bangsa dengan tindakan pembajakan dan kejahatan cyber yang tinggi. Tapi berarti kita tidak prestasi yang membanggakan. Setelah mencari kesana kemari, saya menemukan beberapa aplikasi android asli buatan Indonesia… Di Indonesia juga sudah banyak developer Android berbakat, Mau bukti? Bisa dicek kok di Android Market. Siapa bilang kita tidak mampu? Ini saatnya developer lokal membuktikan pada dunia bahwa kita bisa…

Ayo Merah Putihkan Android Market…!!!!

Berikut aplikasi android karya anak bangsa yang buat kita bangga:

Urbanesia.com

Apa itu Urbanesia?

Nah, Urbanesia ini sama seperti skripsi yang saya buat. Termasuk dalam kategori LBS (Location Based Service). Disini kita bisa melihat posisi dari tempat kita berada pada peta dan juga dapat mengetahui lokasi tempat-tempat bisnis. Di Urbanesia, kita bisa mengetahui letak restoran, sekolah, tempat pariwisita, SPBU, dll. Kelebihan lain, kita bisa melakukan promosikan suatu tempat. Misalnya, kita memiliki warung bakso, di Urbanesia kita bisa mempromosikan warung bakso tersebut. Kita bisa memberitahu lokasi, menu yang ditawarkan, dan tidak lupa harganya.

Apa harus dari kalangan bisnis aja? Tidak. Untuk mereka yang aktif dengan jejaring sosial bisa memberikan testimoni tentang tempat-tempat yang telah dikunjungi. Selain itu, kita juga bisa upload foto kita saat berada di sana.

Urbanesia juga menyediakan fitur seraching seperti di bawah ini.

Yang ingin mencoba, aplikasi ini bisa diunduh disini… Android Market Urbanesia

Masih ada juga aplikasi sejenis, kalau yang ini lebih fokus pada restoran aja.

Toresto

Apa itu Toresto?

Toresto adalah aplikasi yang dibuat oleh Imaduddin, salah seorang mahasiswa teknik informatika di Bandung, bersama teman-temannya di GITS Indonesia. Tadinya, Toresto dinamakan Raon Pisan, yang dalam bahasa Sunda artinya enak banget. Namun, seiring banyaknya permintaan agar database kuliner di Jakarta ikut ditambahkan, maka aplikasi ini diberi nama Toresto agar lebih global.

Aplikasi ini menampilkan data restoran-restoran yang dapat kita kunjungi. Dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui restoran apa yang terdekat dengan kita saat ini, menu apa saja yang ditawarkan, budget yang mesti disediakan, bahkan kita bisa memesan lewat delivery order bila sedang malas ke sana. Sampai saat ini ada 2400 database restoran yang tersebar di berbagai tempat di Bandung dan Jakarta. User juga bisa menanmbahkan database tersebut jika dirasa ada tempat kuliner yang dirasa pantas untuk ditambahkan. Penambahan database bisa melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini tentunya menggunakan GPS untuk mengetahui posisi kita. Jarak antara posisi kita dengan restoran juga diperlihatkan seperti pada gambar di atas, ada keterangan bahwa jarak restoran adalah 1 kita dari posisi kita berada. Sama seperti Urbanesia, aplikasi ini juga menyediakan map untuk memudahkan para penikmat kuliner untuk mencapai restoran yang dituju.

Tampilan Data Sebuah Cafe. Informasi yang diberikan adalah jarak dari tempat user berada, alamat, kisaran harga, dan deskripsi tentang cafe tersebut.

Sebelum mampir, bisa lihat-lihat menu dulu… Kelihatannya enak…

Berminat nyoba? Pasti donk…  Buat kalian yang ingin mencoba aplikasi ini, bisa akses link ini.

https://market.android.com/details?id=com.gits.toresto

atau kita juga bisa menggunakan kode QR-nya untuk mengunduh aplikasi ini :D,,,

Buat yang suka baca koran, ada aplikasi untuk membaca koran dari smartphone kita. Masih buatan GITS juga, aplikasi ini mengizinkan kita untuk membaca koran elektronik di smartphone kita.



MyQuran Indonesia

Buat yang muslim ada juga aplikasi Al-Qur’an dengan terjemahan Bahasa Indonesia. Aplikasi ini punya keunggulan dibanding aplikasi sejenis. Berberapa fitur MyQuran :

1. Memiliki tajwid yang berwarna.

Bagi mereka yang baru belajar membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar,kita bisa memberi warna yang berbeda pada huruf-huruf yang terdapat tajwid. Misalnya pada mad dommah bertemu dengan waw mati  yang terdapat pada bacaan di bawah. Bagi yang sudah pandai membaca Al-Qur;an secara tartil, fitur ini bisa di-disable.

2. Reciter

Kita dapat mendengarkan ayat yang ditampilkan oleh MyQuran. File suara tidak disimpan pada aplikasi ini, melainkan ditaruh di server. Kita bila mengunduhnya untuk menyimpan file tersebut pada smartphone, namun untuk versi free dibatasi hanya 10MB saja. Untuk versi infaq, kita bisa mendownload full Al-Qur’an. 😀

3. Multi Language Translation

Ada terjemahan ke berbagai bahasa. Saat ini bahasa yang disediakan adalah Bahasa Indonesia,  Indonesia, Inggris, Chinese, Malaysia dan Jepang.

Bahasa lain juga ada, tetapi kita harus mendowload filenya terlebih dahulu. Tenang saja, semua gratis… 😀

Pengen liat terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Jepang… Nih dia…

apa artinya ya… bacanya aja ane g bisa

4. Transliteritation

Nah, fitur ini buat yang masih newbie dalam membaca Al-Qur’an. Ada tulisan yang membantu kita cara membaca Al-Qur’an.

5. Asmaul Husna

Ingin menghapal 99 Nama Allah? Fitur ini menampilkan nama-nama Allah dan deskripsi singkatnya.

Loh koq ada tanda tanyanya?Memang sengaja dilock. Loh g bisa dilihat donk? Bisa koq, tapi kita harus unlocking dulu. Caranya dengan membaca beberapa ayat terlebih dahulu, baru Asmaul Husna keluar satu-satu. Fitur ini dibuat untuk “menantang” kita untuk lebih dalam memperlajari Al-Qur’an.

6. Schedule & Task

Fitur Schedule ini untuk menjadwalkan kapan saja kita membaca Al-Qur’an. Nanti ada notifikasi yang menunjukkan sudah tiba waktunya kita mengaji. Ayo ngaji yang bener, jangan bolos 😀

Fitur Task  ini berguna sekali untuk membantu mengkhatamkan dan menghapalkan Al-Qur’an. Sayang fitur ini hanya ada pada versi infaq :(. Gapapa deh, infaq dulu aja… 😀

7. Bookmark, Share on Facebook
Fitur bookmark untuk menandakan sudai sampai mana bacaan kita. Selain itu, MyQuran juga menyediakan fitur Share on Facebook, agar kita dapat membagi ayat – ayat Al-Quran ke teman – teman yang lain. Jadi teman-teman bisa mengambil manfaat dari MyQuran juga…

yang mau mengunduh aplikasinya, ini linknya… Android Market MyQuran

QR-nya nih…

Tinggal di Jakarta? Bingung dengan angkutan umum yang banyak pilihan?

Tenang, aplikasi berikut ini menjawab semua kebutuhan angkutan umum di Jakarta. Lebih efektif lagi untuk mereka yang baru pertama kali datang ke ibukota.

Komutta

Komutta adalah aplikasi LBS yang dibuat oleh mreunion, sebuah developer lokal. Aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi GPS dan Google Maps. Kita bisa mengetahui keberadaan kita di peta dan angkutan-angkutan apa yang bisa kita gunakan. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan memasukkan input daerah mana yang ingin kita tuju maka akan ada pilihan angkutan yang tersedia. Alternatif pilihan yang ada akan diberikan, mulai dari rute yang terpendek sampai yang terjauh. Untuk mencari rute terpendek, pengembang aplikasi ini menggunakan algoritma Djikstra Shortest Path. Fungsinya sama dengan get direction Google Maps, namun dengan banyak tambahan aturan. Hal ini dikarenakan ada jalan-jalan yang satu arah maupun rute dadakan tanpa pemberitahuan yang luas.

Komutta menyediakan berbagai fitur menarik sebagai berikut :

Informasi Busway Trans Jakarta

Untuk mereka yang biasa transit dari satu shelter ke shelter lainnya. Informasi yang diberikan sangat lengkap, kadang kala kita diperintahkan berjalan kaki untuk mencapai stasiun berikutnya.

Informasi Jadwal Kereta

Bagi anda yang tidak ingin ketinggalan kereta.

Informasi Taksi

Berisi no kontak dari perusahaan taksi di Jakarta

Informasi Trayek Bus

Informasi tentang bus AC, bus patas, bahkan angkot juga ada.

Buat yang seneng baca komik, masih ada satu lagi aplikasi android buatan Indonesia… check this one out..

Ngomik!

Ngomik adalah suatu web portal yang menjadi wadah para komikus lokal untuk mempublish karyanya. Semakin pesatnya trend aplikasi Android membuat web ini ikut serta membuat aplikasi untuk mengakses ngomik.com lewat smartphone.

link android market NGOMIK!

selain link di atas, ada versi alternatif juga di Ngomik WebMobile

berikut SS dari aplikasi ini

Saya sudah melihat beberapa komik lokal. Secara kualitas sudah sangat bagus, baik dari gambar maupun cerita. Tidak kalah dari komik Jepang yang biasa saya baca. Salah satu komik yang saya beri apresiasi lebih adalah Soul Contract.

Terbukti khan? Indonesia gak kalah… Indonesia juga punya orang-orang pinter. Indonesia juga mampu buat aplikasi yang hebat.  Yang lain jangan mau kalah donk. Ayo kita MERAH PUTIHkan Android Market.

Artikel ini saya lombakan di Compfest 2011, buat kalian para blogger yang mau ikutan bisa gabung disana. Gratis kok… 😀

Oh, iya. Di gelaran ini juga ada lomba membuat game Android. ini linknya… GAME DESIGN COMPFEST 2011  Ikutan yah…

Blogging Competition Compfest 2011

sumber :

Toresto
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7263923

MyQuran Indonesia
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8486714

Komutta
http://mreunion.wordpress.com/2011/01/14/mengenal-komutta-lebih-dalam/

Iklan
Komentar
  1. Muhammad Munir berkata:

    ha ha ha bagus & keren artikelnya, yang nulis pasti seneng ngaskus ini he he he

    (oh ya slamat juga ya karena tlah jadi 25 finalis blog competition compfest2011)

  2. selamat sudah menang gan di compfest

  3. Fathoni berkata:

    Gan,,,
    Bolen minta Contact Person ga,,
    ini rencana kampus kami mau ngadai seminar Tentang Mobile Programming (Android)
    butuh Pembicara yang memang mahir di bidang developer android…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s