Asus EEC X101, Portabilitas Tanpa Batas

Posted: Oktober 23, 2011 in Uncategorized

Akhirnya Asus Eee PC X101 hadir di Indonesia. Ya, kali ini saya akan membahas tentang Asus Eee PC X101, produk terbaru Asus yang pertama kali diperkenalkan pada Computex Taipei 2011. Berat netbook ini hanya 920 g sudah termasuk baterai, tidak sampai satu kilogram. Selain itu, netbook ini hanya memiliki ketebalan 14,5 mm. Tak heran bila netbook ini dinobatkan sebagai netbook tertipis dan teringan di dunia. Netbook ini ditujukan bagi mereka yang menginginkan portabilitas tanpa batas tanpa harus terbebani dengan perangkat komputer yang berat. Harga yang murah membuat netbook ini tidak saja ringan ditenteng, tapi juga ringan di kantong. Harganya sekarang berkisar antara 1,7 juta.

Fitur utama yang ditawarkan netbook ini tentu desainnya yang sangat tipis dan ringan. Tentu tidak membutuhkan banyak tempat saat dibawa dalam tas. Pas untuk menemani kita saat nonkrong di cafe, bepergian ke luar kota, atau sekedar menikmati akses wi-fi di kampus.  Desain X101 sendiri terinspirasi dari sayap. Dengan keyboard chiclet dan touchpad yang besar, sangat nyaman untuk dipakai browsing dan mengetik. Daya baterai netbook ini tergolong baik, dengan teknologi ASUS Super Hybrid Engine (SHE), baterai sanggup  bertahan hingga 4 jam.

Satu hal baru yang jarang kita temui pada netbook sejenis adalah X101 menggunakan Sistem Operasi MeeGo. Sistem Operasi ini berbasis Linux yang mendukung penggunaan cloud computing. MeeGo sendiri diproritaskan bagi mereka yang selalu terhubung dengan internet. Hal ini dapat dilihat dari aplikasi-aplikasi bawaan yang terdapat pada sistem operasi ini. Ketika kita membeli X101, MeeGo sudah terinstall dalam netbook ini sehingga dapat langsung digunakan. Salah satu kelebihan MeeGo adalah proses booting yang sangat cepat hanya dalam hitungan detik. Antarmuka MeeGo terintegrasi dengan aplikasi Facebook, Twitter, dan social media populer lainnya sehingga memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan teman dan kerabat. Aplikasi ini sudah terinstall pada MeeGo. sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk menginstall terlebih dahulu. Untuk berselancar di internet, MeeGo didukung oleh browser Google Chrome.

Ada sebuah aplikasi menarik yang ditawarkan X101. Aplikasi belajar bahasa Inggris dari British Council juga ditambahkan dalam Sistem Operasi MeeGo. Aplikasi ini ditujukan bagi mereka yang bahasa pengantarnya buka bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini mereka bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Produk ini mengambil bentuk sebagai game interaktif, video dan mp3 yang sudah langsung di install dalam X101. Lebih dari 300 materi yang dikembangkan oleh para pemimpin English Language Training (ELT) dan British Council, dengan aplikasi yang di desain oleh peraih penghargaan Intel, Performance Learning Solutions.

Untuk cloud computing sendiri, Asus menyediakan beberapa layanan yaitu ASUS App Store, ASUS @vibe, dan Dropbox. Dengan Asus App Store kita dapat mengunduh berbagai aplikasi MeeGo. Temukan juga berbagai macam aplikasi, games, extension dan themes untuk web browser Google Chrome di Chrome Webstore. Sedangkan Asus @vibe adalah layanan hiburan dimana pengguna dapat mengakses atau mengunduh berbagai konten digital menarik seperti musik, video, game, majalah, e-book, dan juga dapat mendengarkan stasiun radio favorit ataupun streaming TV live di manapun, kapanpun!. Lalu bagaimana dengan Dropbox? Dropbox adalah penyimpanan data online  yang mendukung sinkronisasi file antara desktop, netbook dan smart phone. Untuk pengguna Asus X101, disediakan storage Dropbox sebesar 2 GB

Spesifikasi
ASUS-Eee PC X101/X101H
Display 10.1″ LED Backlight WSVGA (1024×600)
Sistem Operasi MeeGo OS
CPU Intel® Atom™
Memori SO-DIMM 1GB DDR3(Maksimum 2GB)
Hybrid Storage 8GB SSD (X101)/320GB HDD (X101H) + 2GB DropBox cloud storage pre-load
Wireless WLAN 802.11b/g/n @2.4GHz
Wireless 8GB SSD (X101)/320GB HDD (X101H) + 2GB DropBox cloud storage pre-load
Baterai Li-ion 2,6Ah, 4jam
Multimedia Camera 0.3 MP
Speaker High Quality Speaker
Mic Mic Unternal
Interface 1 x VGA (X101H)
2 x USB 2.0
1 x 3,5mm Audio Jack (Headphone or Headset)
1 x microSD Card Reader (X101)
1 x MMC/SD (SDHC) Card Reader (X101H)
Fisik Dimensi 262 x 180 x 14,5mm (X101)
262 x 180 x 20mm (X101H)
Berat 920g (X101 dengan baterai)
1020g (X101H dengan baterai)
Warna Sapphire Black, Pearl White, Vivid Red, Coffee Brown

Kesimpulan

Konsumen yang baik adalah konsumen yang memilih suatu barang sesuai dengan kebutuhannya. Dari berbagai pilihan laptop dan netbook yang beredar di pasaran, masing-masing menawarkan kelebihan tersendiri. Dilihat dari kebutuhan user, terbagi beberapa segmen pasar yang menjadi target penjualan vendor. Kebutuhan ini misalnya untuk social networking/internetan, bekerja dengan aplikasi office, hiburan (seperti memainkan musik dan film), maupun untuk kebutuhan gaming. Dilihat dari harga segmen pasar terbagi atas kategori low-end, mid-end, dan high-end. Bagi mereka yang selalu terhubung dengan internet dan sering bepergian, netbook adalah pilihan bijak. Dengan bentuk yang kompak, ringan, dan tipis, netbook sangat mudah dibawa kemana-mana. Namun, netbook apa yang paling worth to buy di antara banyaknya pilihan sejenis? Dilihat dari spesifikasi dan harga yang murah, ASUS EEC PC x101 bisa menjadi pilihan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sebuah netbook. Yang pertama adalah desain, tentu akan sangat merepotkan bukan membawa laptop dengan berat 2,5 kg kemana-mana? Selain itu kita harus memperhatikan daya tahan. Umumnya netbook memiliki baterai yang lebih awet ketimbang notebook. Yang terakhir, tentu saja harga. Disini saya melihaat x101 memenuhi kategori tersebut. Desain yang tipis dan ringan membuat netbook ini sangat mudah dibawa dan tidak membuat punggung pegal saat dimasukkan ke dalam tas. Baterainya juga sanggup bertahan selama kurang lebih 4 jam. Untuk harga saya rasa sangat terjangkau, cukup dengan 1,7 jt kita sudah bisa memiliki netbook teringan di dunia ini. Plus kita akan mendapat pengalaman baru dengan sistem operasi MeeGo dan fitur-fitur komputasi awan yang memudahkan kita selalu terhubung ke dunia maya.

Kelebihannya :
1. Sangat tipis dan ringan
2. Startup cepat dengan dukungan SSD
3. Harga terjangkau

Berikut beberapa tampilan ASUS EEE PC X101 :

Berikut adalah beberapa video X101 :

 

 

 

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi link facebook ini http://www.facebook.com/pages/ASUS-Indonesia/213556817323

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s