Langkah Kecil untuk Hemat BBM, Mulailah dari Diri Sendiri

Posted: April 7, 2012 in Uncategorized
Tag:,

Kenaikan BBM menjadi isu yang paling marak dibicarakan akhir-akhir ini. Ya, pemerintah berencana menaikkan harga BBM baik premium maupun solar sebesar 1.500 rupiah dari 4.500 rupiah menjadi 6.000 rupiah. Tentunya hal ini sangat memberatkan masyarakat. Kalau yang naik hanya BBM saja, tentu tidak menjadi masalah yang berarti. Namun, kenaikan BBM pasti memicu kenaikan barang barang lainnya. Hal inilah yang menimbulkan keresahan masyarakat. Kebutuhan pokok harganya melambung tinggi, bahkan sebelum BBM naik. Dalam berita pada situs VOA  pada tanggal 07 Maret 2012, Presiden SBY pun mengakui bahwa kenaikan BBM akan berdampak ke semua sektor. Selengkapnya dapat dibaca di


http://www.voanews.com/indonesian/news/Presiden-Akui-Kenaikan-BBM-akan-Berdampak-ke-Semua-Sektor-141745113.html

Kenaikan BBM adalah hal yang tidak dapat dihindari, kenaikan minyak mentah dunia membuat APBN kita terkuras untuk mensubsidi harga BBM.  Berbagai solusi coba dimunculkan, mulai dari pembatasan BBM subsidi sampai konversi ke BBG. Akhirnya solusi yang diambil adalah menaikkan harga BBM bersubsidi. Protes pun bermunculan dari berbagai kalangan, demonstrasi  terjadi di mana-mana. Tapi mau bagaimana lagi, negara kita tidak sanggup bila terus-terusan mensubsidi BBM. Sebagai warga negara yang baik, kita tidak boleh hanya berpangku tangan pada kebijakan pemerintah. Sudah saatnya kita mengefisienkan penggunaan BBM. Tips ini bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor. Mau tau tipsnya? Langsung saja ya…

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengefisienkan penggunaan BBM. Efisien disini tentunya bukan hanya soal hemat dalam arti mengurangi pembelian bensin saja, tetapi ada langkah-langkah lain yang mungkin sepele tapi ternyata dalam menghemat penggunaan bensin. Karena saya pengguna sepeda motor, tentunya tips yang saya bagi mengenai optimalisasi pada sepeda motor anda.

Biasanya menjelang kenaikan BBM, permintaan akan sepeda motor semakin bertambah. Nah, bagi anda yang ingin membeli sepeda motor, saya sarankan untuk membeli yang sudah injeksi. Kenapa? Karena mesin injeksi sudah memiliki sensor untuk mengatur kebutuhan mesin seperti pasokan bensin, tekanan udara. Akibatnya penggunaan efisien lebih terkendali, sehingga bensin yang terbuang percuma dapat diminimalisir agar terjadi pembakaran sempurna. Mesin injeksi diklaim lebih irit 30 % dibanding karburator. Untuk pemeliharaan pun lebih mudah karena tidak harus membongkar karburator saat servis.

Keyword dari tips ini adalah memaksimalkan pembakaran. Jadi, disini saya akan share berbagai parts yang dapat digunakan untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna, sehingga bensin tidak terbuang sia-sia. Eits, tenang saja. Parts-parts disini hanya parts-parts sederhana saja kok, kita bisa mengerjakannya sendiri tanpa harus minta bantuan bengkel.

Tips  pertama yang dapat kita lakukan adalah mengganti chop busi dengan yang memiliki hambatan 0 ohm. Seperti kompor, tentunya kompor yang baik menghasilkan api yang biru. Begitu halnya dengan chop busi. Chop yang baik dapat menghasilkan api biru pada busi. Chop busi biasa memiliki hambatan yang besar, sehingga api yang dihasilkan tidak besar, akibatnya pembakaran kurang sempurna. Selain lebih boros BBM, busi juga cepat menjadi kotor. Kenapa kotor? Sama seperti kompor, kita bisa bandingkan kompor gas dengan api biru dan kompor minyak tanah dengan api merah. Bandingkan mana wajan yang timbul kerak di bawahnya? Cara pemasangannya sendiri cukup mudah, kita tinggal melepas chop dari kepala busi, dan mengganti dengan chop yang memiliki hambatan 0.

Selain itu, kita dapat mengefisienkan pengapian dengan cara menggunakan trik di bawah ini :


http://kilatperak.blogspot.com/2011/07/rp-3000-perak-bisa-bikin-booster-koil.html

Cukup mudah khan?

Tips berikutnya adalah menstabilkan baterai. Kita tahu kalau di sepeda motor, sumber lsitrik berasal dari kiprok dan baterai. Pada saat mesin mati, listrik hanya berasal dari dari baterai/aki. Nah, kalau pada saat mesin hidup, sumber listrik berasal dari kiprok lalu dialirkan ke baterai. Masalahnya, tegangan tistrik dari kiprok tidak pernah stabil, karena kiprox menerima arus listrik dari putaran mesin / RPM yang bervariable. Inilah penyebabnya pada saat RPM rendah, lampu sepeda motor menjadi berkedip-kedip.  Jika supply arus listrik dari kiprox ke aki stabil, maka api di koil akan stabil dan besar, sehingga pembakaran semakin sempurna dan tenaga motor meningkat, Hemat BBM, busi lebih awet dan ruang mesin tetap bersih tidak ada timbunan karbon akibat gagalnya pembakaran. Tapi jika arus dari kiprox lemah, maka aki akan tekor, dan tidak dapat mensuplai ke lampu,koil,stater, klakson dan komponen elektronik lainnya pada motor, sehingga pembakaran tidak sempurna, tenaga motor berkurang, dan pemakaian BBM menjadi boros, dan komponen kelistrikan menjadi tidak awet dan cepat rusak. Cara menstabilkan arus listrik adalah dengan memasang stabiliser yang cukup ditaruh di aki, fungsinya untuk menyimpan arus listrik yang berlebih dari kiprok dan menyuplai arus listrik ke aki bila suplai dari kiprok sedikit, sehingga arus listrik akan selalu stabil. Akibatnya api di koil akan semakin besar, sehingga mengakibatkan pembakaran sempurna dan penggunaan BBM menjadi efisien. Namun, jika memakai produk yang beredar di pasaran cukup mahal, oleh karena itu kita bisa menggunakan trik seperti di bawah ini :

http://kilatperak.blogspot.com/2011/08/bikin-booster-kelistrikan-veradvanced.html

http://kilatperak.blogspot.com/2012/02/energy-induction-system-ala-wp-tambah.html

Cara lain yang bisa ditempuh adalah memasukkan katalis atau zat aditif pada tangki bahan bakar. Zat aditif biasanya berasal dari etanol yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan, ditambahkan pada bahan bakar agar nilai oktannya naik.. Harga untuk aditif ini juga tergolong murah, cukup teteskan beberapa tetes pada bensin, maka aditif ini dapat membuat penggunaan BBm menjadi semakin irit. Namun, penambahan aditif biasanya beresiko menimbulkan kerak pada karburator. Oleh, karena itu saya menyarankan penggunaan katalis. Katalis ini adalah logam yang ditaruh di tangki bahan bakar, fungsinya sama seperti katalis. Namun, keuntungannya katalis tidak menimbulkan kerak. Selain itu katalis dapat bertahan samapi 400.000 km, jadi secara finasial lebih murah dari kita menggunakan zat aditif.

Demikianlah tips-tips yang bisa saya share disini… Cukup mudah khan? Untuk membuat suatu perubahan besar dapat dimulai dari sesuatu yang kecil. Mulai dari diri kita, mulai dari yang sederhana. Karena KITA BISA….

Iklan
Komentar
  1. angga berkata:

    logam yg di gnankan ne spt pa ya
    pa kyak uang logam tu

  2. masbowo berkata:

    Banyak inovasi lainnya untuk meminimalkan BBM, seperti tulisan diatas. Semoga sukses ya. Oh..ya, mohon beri komentar pada tulisanku berikut ini ya – Memanusiawikan Lingkungan Sungai Ciliwung dan Sekitarnya

  3. masbowo berkata:

    Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini juga ya – Indonesia mendunia lewat Gamelan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s