Location Based Service pada Android, Cara Baru Mempromosikan Pariwisata Indonesia

Posted: Juni 17, 2012 in Uncategorized

Julukan Indonesia sebagai jamrud khatulistiwa memang sudah tidak terbantahkan lagi. Indonesia adalah suatu negara yang terkenal akan keindahan alamnya. Namun sayang, potensi wisata ini belum tereskpos dengan baik. Umumnya wisatawan hanya mengenal Bali sebagai icon pariwisata Indonesia. Tak jarang wisatawan mancanegara malah tidak tahu Indonesia berada di mana. Mereka malah bertanya ” Indonesia itu dimananya Bali?” Miris bukan?

Pasti kita sudah pernah mendengar kalau Indonesia dijuluki sebagai “Zamrud Khatulistiwa” . Yah, negara tercinta kita ini terkenal karena keindahan alamnya. Negara mana lagi coba yang punya garis pantai terpanjang dan negara kepulauan terbanyak di dunia? Kalau tinggal di Swiss, mungkin melihat laut itu bagai melihat surga. Hehehe. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus bersyukur donk dengan semua anugerah yang diberikan Tuhan kepada Indonesia.

Masalahnya, pariwisata Indonesia ini saya rasa kurang terekspos. Sayang banget sih, kalau potensi pariwisata se-wah Indonesia ini harus tenggelam begitu aja. Nah, dengan kemajuan teknologi saat ini bisa kita manfaatkan untuk memajukan pariwisata Indonesia. Salah satu cara adalah dengan mempromosikan paiwisata memalui aplikasi berbasis social media. Gimana caranya?

Saya bahas satu-satu yah…

Sekarang khan lagi ngetren nih hp Android. Udah pada tau khan apa itu Android? Yang ga tau kamseupay deh…. Hoho… Buat yang ga tau, Android adalah sistem operasi di perangkat ponsel dan tablet. Sekarang Android udah jadi pesaing serius Blackberry di Indonesia. Kalo di Amerika sendiri sih, Android udah  mulai nyaingin Android. Khan ada Blackberry sih, terus kenapa milih Android? Ada tujuannya sih… Android khan berbasis Open Source, jadi developer yang mau ngembangin aplikasi di Android ga usah mikirin tentang lisensi. Selain itu karena basisnya yang open source, jadi sesama developer bisa sharing coding yang dibuatnya. Selain itu, Android juga didukung oleh puluhan vendor smartphone, jadi kita lebih banyak pilihan smartphone dari berbagai merk.

Terus apa hubungannya pariwisata dengan Android?

Kamu mau tau banget…. apa mau tau ajah?

Saya kasih tau yah… Ini sebenernya ada hubungannya dengan skripsi saya. Agak narsis dikit ya, hahaha. Skripsi saya itu membahas tentang Location Based Service. Gambarannya ya kayak foursquare atau koprol gitu deh. Simplenya ini aplikasi peta gitu deh, jadi kita bisa tahu tempat2 terdekat dari posisi kita sekarang. Tempatnya macem2, bisa cafe, restoran, atm, bank, tempat ibadah, dan lain-lain. Jadi fungsinya baut gantiin peta konvensional, kalo pake peta yang di buku itu khan kita ga bisa tahu posisi kita dimana. Jadi khan sering nyasar, hehehe. Dengan adanya aplikasi seperti ini juga bisa memberikan informasi bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke suatu tempat.

Biar lebih jelasnya bisa diliat aplikasi berikut ini. Bukan aplikasi skripsi saya tapi, hehehe. Soalnya belum jadi sih… Aplikasi saya mau saya kenalin namanya Nusantara Beta. Dari namanya ketauan khan, kental banget nuansa “Indonesia”-nya. Pasti pengembnagnya mengharapkan ini jadi aplikasi yang “Indonesia” banget, yang jadi milik bangsa Indonesia dan jadi kebanggaan masyarakat Indonesia juga. Selama ini khan kita kenal kalau aplikasi-aplikasi canggih seperti ini cuma buatan orang bule aja, ternyata orang Indonesia juga bisa khan? Dan bukannya ga mungkin kalau kalian juga bisa ngembangin aplikasi seperti ini.

Nusantara beta itu apa sih?

Nusantara Beta itu adalah aplikasi yang menyediakan informasi tentang tempat pariwisata di Indonesia berbasis Location Based Service. Intinya, dengan aplikasi ini kita bisa tau apa aja sih tempat-tempat yang menarik di Indonesia dan letaknya dimana. Biar lebih jelasnya, liat aja ya gambar di bawah.

Ini tampilan awal ketika masuk ke aplikasi. Keterangan lengkapnya bisa dilihat di bawah ini…

Misalnya nih kita sedang berada di Jakarta. Aplikasi ini akan menunjukkan tempat-tempat pariwisata yang terdekat dengan posisi kita. Listnya diurutkan mulai dari yang terdekat sampai yang terjauh. Jika kita tekan tombol favorit, maka akan muncul tempat2 favorit pengguna. Tempat favorit ini dihitung dari jumlah orang yang menyukai tempat tersebut. Selain juga juga ada melakukan sorting (pengurutan) berdasarkan provinsi dan kategori. Ga cuma di Jakarta, aplikasi ini menyediakan informasi lengkap tempat pariwisata yang ada di Indonesia. Misalnya kita berada di Lampung, aplikasi ini juga akan mengurutkan lokasi pariwisata yang terdekat dengan kita di Lampung. Canggih khan? Dengan aplikasi ini, kita bisa lebih tahu tentang Indonesia.  Tak kenal maka tak sayang bukan? Ayo kenali negerimu sendiri… Nah kalau informasi wisatanya di-klik akan muncul menu di bawah ini…

Ada satu lagi nih. Aplikasi ini khususnya buat mereka yang tinggal di Jakarta. Udah tau donk gimana macetnya Jakarta, ada ribet mau kemana-mana kalau pake kendaraan umum. Untung ada busway, yah walaupun pelayanannya masih kurang nyaman, tapi lumayan deh buat ngatasin kemacetan di Jakarta. Tapi buat yang baru dateng ke Jakarta mungkin agak ribet ya buat ngapalin rute dari bus Trans Jakarta… Komutta menjawab kebutuhan pengguna. Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk mencari rute dari busway. Bukan hanya busway, kita juga bisa mencarijadwal keberangkatan kereta, rute bus, dan ga ketinggalan nomor-nomor taksi yang bisa dihubungi. So, ga bakalan nyasar lagi donk di Jakarta?

Berikut ini screenshot dari aplikasinya.

Tampilan di atas adalah menu awal aplikasi. Ada 4 menu yang bisa dipilih, Transjakarta Route, Train Schedule, Call Taxi dan Bus. Pertama-tama saya jelasin menu Transjakarta Route dulu. Menu ini digunakan untuk mencari rute busway yang kita ingin tahu.

picture taken from http://www.mobile88.co.id/editorial/detail.asp?title=Komutta%20Aplikasi%20Informasi%20Angkutan%20Umum%20Jakarta&id=675

http://www.makemac.com/2012/06/darisini-memberikan-informasi-tempat-tujuan-yang-akurat/

http://dailysocial.net/2012/04/26/isurabaya-luncurkan-aplikasi-mobile-untuk-platform-ios-android-dan-blackberry/

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.darisiniapp.Darisini

http://aplikanologi.com/produktivitas/darisini-tentukan-tujuan-lokasimu/

http://portal.paseban.com/review/5425/komutta

Iklan
Komentar
  1. affanibnu berkata:

    salam hangat dan sukses selalu.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s