Undangan online… why not?!

Posted: Februari 15, 2013 in Uncategorized
Tag:, , ,

Sering ga sih denger orang ngomong gini, “Eh lu nikah ga ngundang-ngundang gw… Parah… Udah ga nganggep temen lagi tah?”

Nah lho, mau jawab apa… 

Alesannya sih bisa bermacem2, mulai dari lost contact, ga tau alamat, tau alamat tapi jauh kasian sama burung merpatinya, (zaman kapan kali ah masih pke burung merpati ) sampe alesan paling klasik (dan jujur), yaitu lupa… .

Terus ada solusinya ga? 

Nah, dengan teknologi yang semakin maju sekarang semakin mudah untuk ngundang temen dateng ke acara nikahan. Misalnya lewat facebook, khan sering tuh kita diundang lewat fitur event. Coba, sekarang siapa yang ga punya email dan social media?  Tapi khan kesannya ga resmi ya. Tenang aja, sekarang ada kok sebuah situs yang menyediakan layanan untuk undangan online. Mau tau situsnya? 

Mau tau banget apa mau tau ajah??? 

Cekidot, eng ing eng…

logo

Situs ini namanya datangya.com. Dengan situs ini, kita bisa membuat undangan online. Yup, undangan online. Jadi situs ini mnyediakan sebuah halaman pribadi yang isinya khusus tentang undangan nikah. sama aja sih sebenernya dengan undangan yang versi cetak, bedanya ini dipublish di web dan bisa dilihat semua orang. Kalau pake undangan kertas khan harus dianter tuh ke orangnya, nah dengan ini orang yang dituju bisa lihat langsung. Cuma ya, biar lebih etis lagi pke undangan kertas juga… Jadi undangan onlinenya buat mereka yang jaraknya jauh biar bisa ga ketinggalan informasi. Orang yang “deket” sama kita khan belum tentu juga deket jaraknya sama kita. Bisa di luar pulau, malah luar negeri. Sayang banget khan kalau orang-orang itu ga diundang. Mau disms, lewat facebook ya itu tadi, ga etis, masa teman dekat ngasih taunya gitu doank?! Harus ada yang spesial. Nah, ini solusi yang pas buat itu.

Terus apa aja sih keunggulannya? 

Banyak loh,,, saya terangin satu-satu

1. Keren udah pasti,.. lebih praktis, lebih simple. Dan karena ga pake kertas, artinya kita juga ngedukung Go Green

go-green1

Sumber gambar : http://www.interstateair.com/wp-content/uploads/2012/03/go-green1.jpg

2. Buatnya cepet, cuma dalam hitungan menit udah jadi. Kita tinggal setor datanya, terus pilih templatenya. jangan lupa bayar tapi :p

Kalau dibanding undangan kertas khan perlu waktu lama untuk pembuatannya.

3. Desainnya banyak… jadi bisa pilih sesuai selera kita. Udah gitu lebih interaktif lagi, kapan lagi di undangan pernikahan fotonya bisa ganti ganti kayak slideshow?

4. Murah donk (tapi ga murahan)… Sebenernya ini sih kelebihan utamanya, hoho 

5. Bisa buat peta sendiri dengan fitur map location.

6. Distribusi undangan lebih cepat, soalnya langsung bisa dikirim lewat email atau fb. Kalau undangan kertas khan memakan waktu untuk menuju alamat tamu undangan.

7. Langsung ketauan tuh undangannya sampe apa engga.

Nih yang mau liat2 desain undangannya. Keren khan? 

Terus apa aja fitur-fiturnya? Kasih tau donk. 

Nih fitur-fiturnya :

1. Menampilkan Slide Photo

Kalau di undangan biasa khan photonya terbatas tuh, dan ga bisa ganti-ganti. Dengan menggunakan undangan online di datangya, puas-puasin deh majang photo pra wedding. Maksimal kita bisa pajang 5 foto yang dijadiin slide show yang artinya photonya bisa ganti-ganti sendiri dengan otomatis. Cocok banget buat yang banci tampil, upsss 

2. Resepsi

Bagian ini berisi informasi pernikahan. Udah jelas lah ya…

3. Peta dan denah

Ada peta dan denahnya juga, lengkap dengan integrasi ke Goggle Maps. So ga nyasar lagi donk…? 

4. Love Story

Kalau ini tentang kisah romantisnya nih… Ceileee… Cuit cuit… 

5. Keluarga Besar

Halaman list nama-nama yang turut serta mengundang.

6. Buku Tamu

Kalau yang ini berisi ucapan dari pengunjung, testimonial gitu. Juga terintegrasi dengan facebook. Dari sini bisa keliatan siapa aja yang dateng.

7. Special invite to email

Fitur ini buat orang-orang spesial. Jadi linknya dikirim lewat e-mail gitu.

Terus spesialnya dimana?

Pake telor 2… Hehehe, bukan dink. jadi di web undangan pernikahan itu tadi ada nama kitanya. Liat gambar deh biar lebih jelasnya…

Kalau ada namanya khan jadi berasa lebih spesial ketimbang undangan kosong, ya ngga? Ga kayak gini nih,,,

Ga mau khan dapet undangan kosong kyk gitu…? 

Saran aja nih buat publisher: Mungkin lebih keren lagi kalo ada pesan dari pengantin buat undangannya, biar kalimat ” tiada kesan tanpa kehadiran anda” lebih nancep ke hati… Saaaaaat, cetar membahana badai deh pokoknya….

8. Special invite to facebook

Hampir sama dengan yang di atas, bedanya dikirimnya bukan ke e-mail tapi ke fb.

9. Hitung mundur waktu

Countdown,,, seru khan ada fitur hitung mundurnya gitu… Berasa taun baruan… Menghitung hari… detik demi detik…*apasih %^$#$$#%

10. Hit counter

Buat ngitungin pengunjung udah berapa aja yang mampir ke halaman kita. Jadi khan bisa tau yang udah baca undangannya berapa orang.

11. Share social media

Langsung sharing aja undangannya di social media kita (facebook dan twitter).

12. Kata-kata mutiara/ayat-ayat dari kita suci

Tidak lengkap rasanya bila pernikahan yang sakral tidak mengutup potongan ayat-ayat suci atau kata-kata mutiara… Semakin menambah esensi dari pernikahan tersebut, setuju ???!! 

13. Masa aktif

Masa aktif undangan, dihitung dari tanggal undangan di-publish sampai H+30 dari acara.

14. Custom url

Url-nya bisa kita atur sesuai keinginan. Jadi ga ada lagi tuh url aneh kyk gini datangya.com/221xytzhrg. Kalo gitu khan susah

15. Thema

Bisa milih tema yang beragam, jadi lebih unik gitu.

16. Mobile theme

Kalau tadi tema versi web, ini tema untuk mereka yang ngakses lewat hp. Kenapa dibedain? Biar ga berat kalo dibuka dari hp, bandwidthnya juga lebih kecil.

17. Instan

Kayak mi apah eh mi instan, webnya bisa jadi dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

Jadi mau mi goreng apa rebus ? Ciyus? Miapah?

18. Background music

Ini nih bedanya sama undangan cetak, bisa dikasih musiknya juga… 

” It’s a beautiful night.. We’re looking for something dumb to do… Hey baby… I think I wanna marry you…”

Assekkkkk asseeeekkkk,,, 

19. Invitation private

Sesuai judul yaitu private, artinya hanya orang-orang tertentu yang bisa membuka page undangan itu. Mekanismenya gini, kita kirimkan spesial link yang udah disebutin di atas ke email, fb orang itu. Cuma lewat link itulah undangannya bisa dilihat. Oh iya, di undangan tersebut juga ada nama dari sahabat yang diundang sama kamu. Lebih jelasnya gini nih. Misalkan link undangannya itu datangya.com/riniryan. Kalo dibuka langsung link tersebut yang muncul halaman ini

Untuk ngebuka undangannya ya harus dengan special link, seperti ini misalnya datangya.com/riniryan/to/indra. Baru deh undangannya bisa dibuka. Fungsinya ya biar undangannya ga dibaca sama yang bukan tamu undangan. So, buat yang sering nyusup ke nikahan orang buat makan gratis dengan bermodal baju batik kali ini terpaksa absen dulu ya #pengalaman

20. Domain sendiri

Buat kalian yang ingin lebih esklusif bisa pake domain sendiri nih. Jadi kesannya lebih lux gitu.

Terus harganya mahal ga? murah koq… Harganya cuma 250 rb… Cukup terjangkau khan? Ayo buruan…

Satu lagi nih… Misalnya karena suatu sebab pernikahan kamu diundur, pasti kalang kabut donk harus ngasih tau lagi ke orang-orang. Belum lagi kalau pake undangan cetak tanggalnya ga bisa dirubah. Nah kalo pake undangan online ini, cukup dengan telpon datangya.com, mereka akan ngerubah tanggal undangannya. Nantinya juga undangan yang baru akan dikirim ulang lewat email/facebook. Gampang khan? Iya donk, khan udah digital. Canggih.

Terus gimana kalo batal ?

Tenang aja, tapi mudah2an ga kejadian nih. Kalau misalnya kalian batal kawin eh batal nikah, datangya.com bakalan balikin uangnya 100% lho. Jadi g ngenes2 amat deh… Walaupun biaya gedung, catering, jauh lebih besar… Yah, jangan sampe deh ya… 

Tertarik?? Ya udah langsung daftar aja gih

ini ada video cara registernya gimana…

Udah lihat? sok atuh langsung daftar… 

Beneran nih cuma 250 ribu?

Iyeeeehhh…

Sumpeh loh?

Sumpeh gueeeehh

Ciyus? Miapah?

mi ayam, mi yamin, mi tek tek

Tapi…

Apa….?

Gue khan ga punya calon… Masa nama mempelainya dikosongin…

Gubrak…  

Saran buat tim datangya.com

Ada beberapa saran sih untuk pengembang web datangya. Overall sudah cukup bagus namun saya kira akan lebih bagus kali kalo webnya menggunakan javascript waktu pindah linknya jadi ga refresh web cuma ngambil kontennya aja. Soalnya khan page undangannya ada background soundnya, nah pas diklik link khan refresh, karena refresh itu jadi musiknya berhenti dan ngulang lagi dari awal. Nge ganggu khan? lagi enak-enak denger musik, eh pas klik link berenti musiknya. 

Kemudian di buku tamu nanti ga sekedar ada dftar hadir aja, tapi juga ada ucapan selamat atau testimonial dari tamu undangan. Terus saya punya ide lagi nih, bagaimana kalau ga cuma undangan saja, nanti setelah pernikahan dibuat sebuah website dokumentasi pernikahan. Bisa berisi foto, video, pesan-pesan dari tamu undangan.

LOWONGAN !!!

Ada lagi nih, buat kalian yang ingin ber-affiliate dengan tim datangya.com, ada 2 kerjaan nih. Yang pertama adalah menjadi Designer. Jobdesknya adalah buat tema dari undangan di atas, jadi kalian yang ngerasa kreative ngedesain, buruan daftar deh… Terus yang satu lagi itu jadi Reseller. Kok kayak MLM? Ih, trauma MLM pasti kakak ini. Beda donk, ga pke bintang2an. Jadi disini akun di datangya.com itu ada dua. User Account kyk yang diatas, satu lagi Credit Account. Credit Account ini bisa dipake untuk daftarin user account orang lain sebanyak 5 kali. Keuntungannya? Harganya lebih murah donk. 

Info lengkapnya bisa diliat disini

Gara-gara ngomongin pernikahan jadi galau nih, apalagi temen2 saya udah pada nikah. Hahaha, bagaimana mau menikah, pacarpun aku tak punya. Yap, segitu dulu deh bahasan tentang undangan online-nya. Yang mau nikah, semoga jadi pasangan yang sakinah mawwadah warohmah, setia sampai akhir hayat amin…. Sukses juga buat datangya.com, semoga tambah banyak orderan. Last but not the least, do’ain saya menemukan pujaan hati ya…  *huuuuu, timpuksendal

 

Iklan
Komentar
  1. pipit berkata:

    bagus sekali artikelnya 🙂

    kebetulan saya dan kekasih saya akan segera menikah juni nanti. Mungkin saya akan mencoba menggunakan layanan dari datangya.com

    terima kasih atas sarannya, ya mas. Saya doakan juga mas mendapatkan jodoh yang baik

    • ryandzhunter berkata:

      terima kasih mas atas kunjungannya…

      ya dicoba aja mas, apalagi kalau mas punya banyak teman yang ada di luar daerah, sangat saya rekomendasikan untuk pake undangan online ini. Murah lho mas… (* hahaha, mulai trik marketing ^^)

      amin.. saya juga doakan pernikahan mas langgeng sampai tua nanti…

  2. Miftahgeek berkata:

    Nah lho ada fitur private undangan juga, menghindari tamu yang tak diundangkah? XD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s