Iconia W5, tablet sekaligus netbook

Posted: Maret 29, 2013 in Uncategorized
Tag:

Tablet atau Netbook?

Itulah pertanyaan saya saat pertama kali melihat “penampakan” Acer Iconia W5. Walaupun Acer menyebutnya PC Tablet, tapi Iconia juga dilengkapi dengan keyboard dock yang bisa dilepas pasang sehingga tampak seperti netbook. Buat mereka yang biasanya kesulitan dengan keyboard virtual dan sering “typo” (salah ketik), akan sangat terbantu dengan ini. Konsep ini biasa disebut dengan hybrid PC. Untuk kinertjanya sendiri, Tablet 10” ini dipersenjatai dengan processor dual core Intel Atom Z2760 1,5 GHz. Cukup handal untuk meng-handle pekerjaan sehari-hari, seperti tugas kantor, skripsi bagi mereka yang sedang kuliah, dll.

Blog Review SEO Contest Iconia 2012-2013

Penasaran? Mari kita bahas lebih lanjut…

Kelebihan Acer Iconia w5

1. Touch Type View

Ini adalah tagline dari Acer Iconia. Iconia W5 memberikan tiga cara untuk bekerja :

Touch.

Mode tablet, sama seperti tablet kebanyakan dengan interface layar sentuh 10′ yang dilengkapi dengan layar IPS Gorilla Glass 2. Karena ada Gorilla Glass, jadi anti gores jadi ga perlu takut kegores lagi donk… Layar IPS sendiri biasanya digunakan untuk smartphone-smartphone high end. Iconia w5 juga sudah ngedukung 5 sentuhan jadi bisa pake lima jari. Resolusi layarnya juga 1366X768, sama seperti laptop berukuran 14”.

aribundaranhi1

Type.

Tinggal pasang tablet pada dock keyboard, maka kita akan merasakan pengalaman yang sama dengan pengguna netbook. Untuk mengetik tentu akan lebih mudah bila kita menggunakan keyboard fisik ketimbang keyboard virtual. Saya sendiri menganggap keyboarf fisik tetaplah suatu keharusan.

aribundaranhi1

View.

Ingin mempresentasikan slide kepada orang lain? Iconia bisa diputar 295 derajat sehingga keyboardnya berfungsi jadi stand. Takut keyboardnya ketekan? Tenang aja, keyboard otomatis disable koq. Mode ini juga bisa dipakai untuk nonton film, kita juga masih bisa menggunakan touchscreennya.

aribundaranhi1

2. Pengalaman baru dengan Windows 8

Ingin merasakan Sistem Operasi terbaru dari Microsoft? Yup, Windows 8 dilengkapi dengan fitur touchscreen sehingga kita dapat menikmati cara baru dalam berinteraksi dengan Windows setelah sebelumnya kita hanya dapat berinteraksi menggunakan keyboard dan mouse. Namun umumnya belum banyak perangkat yang mendukung fitur touchscreen ini. Kalau tablet khan pasti semua mendukung, tapi untuk netbook saya rasa masih sedikit. Nah, Iconia ini salah satunya. Dan jangan khawatir karena Windows 8 sudah satu paket dengan Iconia w5. So, tunggu apalagi?

3. Acer Always On

Iconia w5 adalah tablet berbasis prosesor intel pertama di dunia yang dilengkapi dengan Acer Always On. Cukup dengan menekan tolbolnya maka Inconia akan menyala dan update seperti pada smartphone. mampu bertahan 3 minggu pada mode standbye. Konek ke wi-fi juga sangat cepat, dengan Acer Instant Connect, Iconia dapat terhubung ke hotspot hanya dalam waktu 2,5 detik. Masih kurang? Kita juga dapat menyimpan file kita di internet dengan penyimpanan cloud yang bernama AcerCloud sehingga bisa diakses dari perangkat lain dengan sangat mudah dan cepat.

4. Ringan dan tipis

Iconia w5 sangat mudah dibawa kemana-mana karena ketebalannya dibawah 9mm dengan berat hanya 566g. Ditambah dengan dock yang hanya seberat 686g udah termasuk baterainya. Kalau sama docknya, tebalnya jadi 23 mm, sama seperti netbook kebanyakan.

5. Booting cepat dengan Solid State Drive

Sering ngeluh karena komputer suka not responding? Booting lama, transfer file lama… Jangan khawatir, Iconia w5 udah dilengkapi dengan solid state drive (SSD). Buat yang belum tahu, SSD ini prinsipnya sama seperti flashdisk, jadi tanpa piringan dan menyimpan data pada chip. Keuntungannya akses data lebih cepat karena tidak perlu menjadi di cluster dan sektor pada piringan tadi. Untuk kapasitas penyimpanan sendiri tersedia sampai 32GB. Masih sedikit karena teknologi SSD masih mahal harganya,

6. Prosesor terbaru dari Intel dengan integrated GPU yang handal

Tablet ini dilengkapi dengan prosesor terbaru dari intel dengan codename Clovertrail. Sudah dual core dengan clockspeed 1,8 Ghz dan GPU yang diupgrade menjadi Graphics Media Accelerator (GMA) 3650, cukup mumpuni lah apalagi ditambah dengan RAM 2 GB.

7. Baterai awet

Takut lowbat? Jangan takut, Acer W5 punya daya tahan baterai yang cukup mumpuni. Bisa bertahan sampai 18 jam, dengan syarat keyboard docknya dipasang. Docknya ketinggalan? Tenang aja, tanpa dock sekalipun Acer w5 sanggup bertahan sampai 9 jam. Jadi Iconia W5 bisa dipake buat nemenin kamu mejeng lama2 di cafe tanpa harus bawa charger. Berikut  pengujian notebookcheck.net terhadap baterai iconia W5

8. Kamera HD 8 MP

Suka narsis? Wah pas banget. Iconia W5 dilengkapi dengan kamera HD 8 megapixel. Masih belum yakin? Kamera ini juga bisa merekam dengan resolusi 1080p, bener-bener HD deh. Sekadar info aja, biasanya di smartphone2 dengan kamera 8 mp resolusi rekamannya masih 720p. Tak lupa juga, kamera ini dilengkapi dengan lampu flash. Eits,,, itu kamera belakang… Masih ada kamera depan. Kamera depan ini resolusinya 2,1 mp. Udah tergolong gede, soalnya kompetitor masih pake vga ma 1,3mp. Berita baiknya kamera depannya bisa ngerekam 1080p juga lho.. Walaupun ga sebagus kamera belakang sih…

9. Speaker Stereo

Speaker stereo di laptop sih udah biasa. Tapi kalau spaker stereo di tablet? Jarang khan, ga ada malahan. Dengan dukungan 2 speaker, menyetel musik jadi lebih nyaring, bener-bener netbook rasa laptop deeeeh…

10. Dukungan Konektifitas

Untuk konektifitas sendiri, Iconia dilengkapi dengan microUSB port, micro HDMi port and microSD card slot.

Slot MicroSD, microUSB, dan microHDMI

11. Software Bonus

Selain sudah terinstall windows 8, Iconia juga sekaligus terinstall Acer Explorer, sebuah portal untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi dari Acer. Selain itu juga terdapat Evernote, Kindle, Skitch, 7digital (aplikasi pemutar musik), ChaCha, Netflix, iCookbook, TuneIn, StumbleUpon, SocialJogger, newsXpresso dan Skype.

Hasil Benchmark

Hasil benchmark biasanya digunakan untuk mengetahui sebatas mana kemampuan dari sebuah laptop baik itu meliputi processor, RAM, VGA, dan kecepatan akses harddisk.

Untuk performa dari processornya sendiri bisa dilihat menggunakan Cinebench.

benchmark1

Windows sendiri mempunyai nilai benchmark sendiri yaitu Windows Experince Index (WEI). Berikut nilai WEI sekaligus benchmark dengan sofware PCMark7.

benchmark2

Sedangkan untuk media penyimpanan, tercatat benchmark sebagai berikut dengan menggunakan CrystalDiskMark 3.0. Cukup cepat karena Iconia sudah menggunakan SSD yang memungkinkan akses lebih cepat. Jadi bisa menghindari yang namanya not responding, hoho

benchmark3

Referensi benchmark diperoleh dari situs notebookcheck.net

Spesifikasi Acer Iconia W510
Processor Intel Atom Z2760
Clockspeed 1,50 Ghz ,1MB Cache
Chipset Intel® HM77
Display VGA Intel HD 4000
Size Display 10.1″ WXGA LED  IPS,Multi touch
Max Resolution 1366 x  768
Memory 2 GB DDR3 SODIMM PC-10600
WebCam 2.0 MP Pront ,8.0 MP Back Camera
Network Wireless IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Bluetooth 4.0 + HS
Hard Disk Drive Storage 32 GB SSD
Optical Disk Drive No
Operating sytem Windows 8  32bit
Card Reader Micro SD
Port 2x USB 2.0,Mini HDMI,1-3.5mm headphone /mic
Standard Warranty 1-year Limited Warranty by ACER Indonesia
Battery Rechargeable 6 cell Lithium-Ion Battery up to 9 hours
Adapter External AC Adapter
Carrying Case SoftCase Acer
Weight 0.6 kg

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video-video reviewnya di bawah ini :

Kesimpulan

Iconia punya kemampuan yang sangat handal terutama di ketahanan baterai dan kecerahan pada layarnya. Baterai Iconia mampu bertahan 9 jam, bahkan dengan ditambah dock keyboard bisa bertahan sampai 18 jam. Ini diperoleh dari kombinasi processor Intel Atom Z2760  yang irit daya dan kapasitas baterai 3540 mAh, 2-cell lithium-polymer yang tergolong sangat besar di kelasnya. Selain itu Iconia w5 sudah dilengkapi dengan SSD sehingga booting jauh lebih cepat ketimbang menggunakan harddisk konvensional yang masih menggunakan piringan cakram. Terakhir, Iconia saya kira cocok untuk mereka yang selalu mobile dan membutuhkan sebuah perangkat komputasi yang memiliki daya tahan baterai tinggi dan juga ingin menikmati fitur-fitur entertainment seperti foto-foto dan mendengarkan musik dengan kualitas stereo.

Sumber gambar notebookcheck.net

Iklan
Komentar
  1. SS Belajar berkata:

    Mampir review artikel gan , , artikel yang bagus, semoga bisa menang. Ini punya saya mungkin anda mau review juga “ACER ICONIA PC TABLET DENGAN WINDOWS 8”. salam kompetisi, terimakasih.

  2. Cecep berkata:

    Hello bro/sis, Ikutan SEO Contest dari ASUS yuk dan dapetin hadiah menarik. Kontes dimulai 15 Oktober 2013 dan berakhir 15 Desember 2013. Kontes terbuka untuk umum dan untuk info lebih lanjut klik: http://bit.ly/GZbMWa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s