Sedekah Asuransi

Posted: Agustus 31, 2017 in Uncategorized

Kayaknya bagus kali ya kalau misalnya sedekah itu bisa ditarik lagi kalau misalnya yang sedekah dapet musibah. Misalnya kayak organisasi crowdfunding gitu, khan suka ada donasi buat yang sakit parah dll. Nah si donatur mungkin bisa suatu saat kalau membutuhkan, misalnya masuk rumah sakit, atau sakit keras, narik donasinya lagi.

Emang sih sedekah itu harus ridho, dan kita berharap cuma sama Allah (HasbunAllah), jadi yang bales, yang ngasih rejeki, yang nyembuhin itu Allah. Cuma khan kadang ga semua orang sampe tahap keimanan seperti itu. Untuk yang imannya tinggi, HasbunAllah, “Cukup bagiku Allah”. Dia ga mengharap pertolongan ibu, ayah, kakak, adik, paman, tante, kakek nenek, sahabat, teman, orang dermawan, sama sekali engga. Tapi untuk mereka yang baru hijrah, nerapin kata YM yg “ente sedekahin tuh semua” emang harus siap mental dan tahan banting.

Mungkin prinsipnya sama kali ya kayak asuransi unit link. Jadi kalau ga kepake, bisa dianggep investasi. Nah khusus sedekah ini bisa diambil juga, tapi cuma darurat lho ya, misal sakit atau apa yg urgent banget, bukan buat modal misalnya. Dan sedekah lho ya, bukan zakat, kalau zakat khan wajib, masa mau ditarik lagi.

Mungkin ada yang tertarik buat startup begini? atau yang udah jalan nawarin konsep begini? Mungkin buat yang masih ragu2 buat sedekah, “sedekah itu bisa menolak bencana”, bisa lebih percaya buat sedekah. Dan bisa konversi orang2 yang tadinya bayar premi asuransi jadi ke sedekah. Kayak BPJS khan saling sharing, yg sehat bayarin yg sakit. Karena toh yg sedekah itu belum tentu sehat terus, ada kalanya gantian dia yg sakit, pas lagi g ada uang lagi, nah yang sakit udah sembuh eh kebetulan dapet rejeki dia yang kaya.

Cuma opini doank sih. Kurang tahu juga hukum fiqihnya gimana. hehehe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s